Sosialisasi Pendidikan Kesehatan Pra Remaja Kelas 6 SD YPPSB 3

Usia anak sekolah dasar kelas 6 memiliki emosi yang sangat labil karena adanya masa peralihan dari masa anak- anak menuju masa remaja atau masa pra pubertas. Tentu dalam fase ini anak sangat perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan agar mampu membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk usia mereka.

Mengingat hal tersebut, YPPSB rutin melaksanakan sosialisasi bagaimana menjalani masa pra pubertas bagi murid murid SD kelas akhir. Sabtu, 16 September 2023 SD YPPSB 3 mengadakan kegiatan Sosialisasi Pra Remaja kepada seluruh murid kelas VI. Bertempat di Aula SD YPPSB 3 di kawasan Munthe, hadir sebagai pembicara Letda Laut (K) dr. Timothy Agung Prabowo Mualim sebagai narasumber laki-laki dan dr. Tikha Devira Pasenggo sebagai narasumber murid untuk yang perempuan.

Kedua narasumber menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi pada remaja agar mereka tumbuh sehat, baik secara fisik maupun emosional. Para murid diajak dan dipahamkan tentang bagaimana menjaga kesehatan reproduksi, batasan mana yang boleh dan tidak boleh untuk dilihat lawan jenis, apa yang perlu wanita lakukan saat menstruasi dan berbagai pengetahuan lainnya tentang pubertas dan kesehatan seksual.

Kegiatan dilakukan secara terpisah atau 2 sesi antara murid laki-laki dan perempuan. Pada kesempatan sosialisasi ini, ditekankan kepada murid-murid kita bahwa ini bukanlah materi pornografi tetapi untuk pengetahuan mereka sehingga mereka paham perilaku seksual dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi seseorang hingga bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada remaja.
Kegiatan ini disambut hangat dan positif oleh murid-murid SD YPPSB 3 dilihat dari antusias mereka pada saat sesi tanya jawab antara narasumber dan murid-murid SD YPPSB 3.