Seleksi Kesamaptaan Jasmani Calon Murid SMA Prima YPPSB

Sabtu pagi, 2 Maret 2024, kegembiraan dan pancaran semangat mewarnai lingkungan sekolah SMA Prima YPPSB. Hari ini adalah salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh calon murid SMA Prima YPPSB, karena mereka akan mengikuti tes kesamaptaan jasmani untuk dapat masuk ke SMA Prima YPPSB.

Terdapat beberapa tahapan tes masuk SMA Prima YPPSB yang dilaksanakan tahun ini. Salah satunya yaitu adalah Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Seleksi digelar usai calon murid mengikuti seleksi akademik dan wawancara pada 24 Februari lalu. TKJ ini dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap peserta sampai sejauh mana calon murid siap secara jasmani untuk bergabung di SMA Prima YPPSB sebagai sekolah dengan basis ketarunaan. Tapi jangan khawatir, kemampuan fisik bukanlah suatu bawaan lahir, kemampuan ini bisa dilatih.

Proses seleksi kesamaptaan diselenggarakan melalui kerja sama dengan pihak LANAL Sangatta dan dipantau medis oleh SOS bertempat di lapangan olahraga SD YPPSB 3 dan GSG YPPSB Munthe.

1. Lari selama 12 menit untuk Laki-laki dan Perempuan
2. Pull Up untuk Laki-Laki
3. Chinning untuk Perempuan
4. Push up untuk Laki-laki dan Perempuan
⁠5. Sit up untuk Perempuan dan Laki-laki
6. Shuttle run untuk Laki-laki dan Perempuan

Dengan banyaknya test yang mereka ikuti, tak satupun dari mereka yang mengeluh dan menyerah. Hasil dari tes Kesamaptaan dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi murid dan guru YPPSB dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan murid dalam aspek fisik dan mental, sekolah dapat menyusun program kegiatan yang sesuai untuk membantu murid mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam menjalani berbagai kegiatan sekolah.Dengan persiapan yang tepat, murid SMA Prima YPPSB dapat sukses dalam menjalani pendidikan di masa depan.