MARCHING BAND WADITRA PRIMA SANGATTA JUNIOR

Penampilan Marching Band Junior YPPSB dalam Acara Gebyar Pelajar Pancasila Tahun 2023 di Kompleks gedung Olahraga Bela Diri Kabupaten Kutai Timur, pada tanggal 19 Desember 2023.

Marching Band merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di lingkungan YPPSB yang bertujuan menumbuhkembangkan bakat minat murid di bidang seni, dan membudayakan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama dalam kelompok.

Peserta ekstra kurikuler Marching Band Waditra Prima Sangatta Junior merupakan murid-murid SD YPPSB 1, SD YPPSB 2, dan SD YPPSB 3 yang berjumlah 36 murid. Salah satu elemen utama yang membuat Marching Band YPPSB begitu memukau adalah keselarasan antara budaya lokal dan kreativitas modern.

Para anggota marching band membawakan paket Medley Lagu Nusantara: Sik-Sik Si Batu Manikam,
Kicir-Kicir, Cublak-Cublak Suweng, Bungong jeumpa, dan Apuse yang dikemas cantik dan ceria khas anak-anak, sementara alat musik modern mengisi suasana gedung olaharaga dengan melodi yang menarik. Kostum-kostum yang digunakan juga menjadi bukti konkret bagaimana seni ini berhasil menyatukan masa lalu dan masa kini.

Dalam setiap langkah dan nada Marching Band YPPSB, terdapat tekad yang kuat untuk melestarikan warisan budaya Indonesia yang mungkin telah terlupakan oleh waktu. Pertunjukan ini mengajak penonton untuk mengenal lebih dekat dan menghargai tradisi-tradisi yang menjadi akar dari Indonesia. Dengan cara ini, seni ini menjadi jembatan antara generasi muda dan leluhur, memastikan bahwa nilai-nilai berharga tersebut terus dikenang dan dihormati.